Blitar, insanimedia.id – PT KAI Daop 7 Madiun mempersiapkan diri untuk menyambut Natal 2024 dan tahun baru 2025.
Peningkatan jumlah penumpang akan terjadi menjelang libur natal dan tahun baru. PT KAI Daop 7 Madiun memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan seluruh komponen dalam operasional menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.
Jajaran manajemen PT KAI Daop 7 Madiun melaksanakan roadshow silaturahmi dengan para pekerja di lintas Operasi Daop 7 Madiun.
Pada kunjungan ke Stasiun Blitar, Vice President PT KAI Daop 7 Madiun, Suharjono, bersama jajaran manajemen menyempatkan diri untuk mendengarkan kebutuhan dan permasahalan yang dihadapi di lintas operasional sebagai upaya meningkatkan keselamatan.
“Kesuksesan operasional kereta api tentunya hanya akan tercapai melalui kesiapan SDM dalam melayani pengguna jasa sebaik mungkin. Untuk itu road show ini menjadi sangat penting untuk mendengarkan masukan dari rekan-rekan di lintas,” ujar Suharjono.
PT KAI Daop 7 Madiun mengelola lebih dari 1.248 pekerja, di mana 942 pekerja atau 73% di antaranya merupakan generasi milenial.
Dengan kehadiran generasi muda yang inovatif dan energik ini, KAI berupaya memberikan pelayanan yang responsif terhadap kebutuhan pelanggan di masa kini.
Kegiatan rutin yang dilakukan jajaran KAI Daop 7, kali ini menjadi lebih istimewa karena dilaksanakan menjelang masa Nataru 2024/2025, dimana tentunya intensitas perjalanan dan jumlah pengguna jasa KA akan bertambah.
Selain melakukan silaturahmi dengan seluruh pekerja, manajemen PT KAI Daop 7 juga memeriksa kesiapan sarana, prasarana, fasilitas pelayanan dan keselamatan.
Saat ini, Daop 7 Madiun menyiapkan 10 lokomotif dan 76 kereta untuk melayani perjalanan kereta api reguler selama masa Nataru.
Pada periode tanggal 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 sebanyak 45.432 tempat duduk disediakan untuk 4 keberangkatan kereta dari Daop 7 Madiun. Hingga kini, tercatat 29.905 tiket telah terjual untuk perjalanan dari wilayah Daop 7.
Khusus di Stasiun Blitar, telah disiapkan 3 lokomotif untuk melayani 3 perjalanan kereta api jarak jauh, yaitu Kereta Api Brantas relasi Blitar–Pasar Senen PP, Kereta Api Kahuripan relasi Blitar–Kiaracondong PP, dan Kereta Api Singasari relasi Blitar–Pasar Senen PP.
Dari tiga perjalanan kereta api keberangkatan Staskun Blitar, pada periode 19 Desember 2024 – 5 Januari 2025 kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 34.362, dan yang sudah terjual sebanyak 23.695.
Selain itu sejumlah fasilitas pelayanan di Stasiun Blitar seperti ruang tunggu yang nyaman, layanan water station, charger station, pos kesehatan, fasilitas untuk disabilitas hingga kebersihan kami lakukan pengecekan untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa.
Lebih lanjut, Suharjono menegaskan bahwa PT KAI Daop 7 akan terus meningkatkan kualitas pelayanan.
“KAI Daop 7 Madiun tidak akan berhenti memberikan pelayanan terbaik serta menghadirkan inovasi dan kemudahan bagi pengguna jasa kereta api. Kami berkomitmen untuk selalu mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam setiap perjalanan kereta api,” tegasnya.
Melalui berbagai persiapan ini, PT KAI berharap masyarakat semakin percaya dan puas menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan, khususnya selama masa libur Natal dan Tahun Baru.