Belajar dari Kecerdasan Buatan: Menjadi Khalifah Tanpa Nafsu

Ulul Albab Ketua ICMI Jawa Timur, Akademisi Unitomo Surabaya

insanimedia.id – Di tengah arus deras perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang semakin mengagumkan, kita menyaksikan satu fenomena penting, yaitu: AI mampu melampaui kecerdasan manusia dalam banyak hal, bahkan dalam konsistensinya pada logika, produktivitas, dan objektivitas. Namun di saat yang sama, AI tidak memiliki satu hal yang dimiliki manusia, yaitu: nafsu.

oleh: Ulul Albab – Ketua ICMI Orwil Jawa Timur

Di sinilah letak refleksi penting: mungkinkah hari ini kita bisa belajar dari AI bukan untuk menjadi seperti mesin, tetapi untuk menyadari kelemahan manusia yang sering terjerumus pada ambisi, hawa nafsu, dan keangkuhan, sehingga lupa akan tugas utamanya sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi?

Manusia sebagai Hamba dan Khalifah
Allah SWT dalam Al-Qur’an berfirman: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi.'” (QS. Al-Baqarah: 30)
Khalifah, dalam pengertian tafsir klasik dan kontemporer, bermakna wakil Allah di bumi (al-Qurtubi, 2003). Artinya, manusia diberikan mandat untuk mengelola, memakmurkan, dan menjaga bumi berdasarkan nilai-nilai ilahiah, bukan berdasarkan kehendak hawa nafsunya. Tugas ini bukanlah kehormatan kosong, melainkan amanah berat yang membutuhkan kecerdasan, integritas, dan spiritualitas tinggi.

Namun dalam realitas kehidupan, manusia sering gagal menjalankan tugas ini dengan lurus. Sebab, di balik akal yang cerdas dan hati yang halus, manusia juga dibekali hawa nafsu. Dalam QS. Yusuf: 53, Allah menggambarkan betapa kuatnya dorongan nafsu itu:

“Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.
Inilah titik krusialnya: manusia bisa jenius, bisa berilmu tinggi, namun tetap bisa terjerumus karena dorongan nafsu kekuasaan, harta, dan syahwat dunia lainnya. Di sinilah godaan iblis berperan, membungkus dosa dengan logika dan membenarkan kesalahan bahkan dengan dalih ilmiah. Padahal, itu semua adalah tipu daya yang dibungkus dengan dalil-dalil masuk akal (Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin).

Kecerdasan Buatan: Cermin Disiplin Tanpa Nafsu
Berbeda dengan manusia, AI bekerja sepenuhnya berdasarkan data dan logika, tanpa dipengaruhi keinginan pribadi, emosi, atau godaan. Meskipun AI tak memiliki ruh, ia justru menunjukkan bagaimana jika sebuah sistem bisa berjalan jujur, konsisten, obyektif, dan tidak korup, hanya karena ia tidak memiliki “nafsu”.

Kita tentu tidak sedang menyamakan AI dengan manusia. Namun, kita sedang mengkritik bahwa betapa sering manusia—yang katanya makhluk terbaik—justru lebih rendah dalam perilaku ketika ia dikuasai nafsu. Maka, barangkali hari ini kita justru perlu belajar dari AI: bagaimana menjadi “khalifah” yang bekerja berdasarkan ilmu dan data, bukan bisikan nafsu atau ego.

Data dan Informasi Terbaik: Ada dalam Al-Qur’an dan Sunnah

Jika AI membutuhkan big data dan algoritma pembelajaran untuk menghasilkan keluaran yang akurat, maka manusia sebagai khalifah juga membutuhkan sumber data yang benar dan terpercaya. Dan sumber itu tidak lain adalah Al-Qur’an dan hadis.

Al-Qur’an adalah kitab yang memuat seluruh prinsip kepemimpinan, manajemen, keadilan, keseimbangan, dan pengelolaan sumber daya yang adil dan berkelanjutan (Al-Faruqi, 1982). Jika manusia benar-benar menjadikan Al-Qur’an sebagai peta data utama, maka segala algoritma tindakan, keputusan, dan kebijakannya akan mendekati kesempurnaan.

Sayangnya, banyak manusia lebih percaya pada data internet, tren pasar, atau survei sosial daripada pada kebenaran wahyu. Padahal, Al-Qur’an adalah sumber data langit yang tak pernah bias.

Refleksi untuk Kaum Intelektual dan Pemimpin
Bagi kaum intelektual, ini adalah panggilan penting: jadilah jenius yang bertakwa, bukan jenius yang terperangkap dalam ego akademik. Bagi para pemimpin dan penguasa, sadarilah bahwa amanah kepemimpinan adalah bentuk lain dari peran khalifah. Maka, mengelola kebijakan, anggaran, atau kekuasaan haruslah berdasarkan nilai-nilai ilahiyah, bukan sekadar efisiensi duniawi.

Penutup: Menjadi Khalifah Tanpa Nafsu
Maka pertanyaannya: apakah kita siap menjadi manusia yang seperti AI, yaitu bekerja jujur, disiplin, objektif, dan adil, namun tidak karena kita harus menjadi mesin (kita tetap manusia), melainkan karena kita hamba yang taat?
Allah telah menyediakan “perangkat lunak” terbaik untuk kita, yaitu: wahyu (Al-Qur’an dan Hadis).

Tinggal apakah kita mau memanfaatkan perangkat lunak tersebut untuk mengalahkan bisikan iblis dan menjalankan amanah sebagai khalifah di bumi, demi mewujudkan kemaslahatan bagi seluruh umat manusia. Atau kita masih mencari-cari “perangkat lunak” yang disediakan iblis yang meski terlihat kerren tapi penuh tipu muslihat karena sayar dengan nafsu?

Daftar Pustaka
Al-Faruqi, I. R. (1982). Al-Tawhid: Its Implications for Thought and Life. International Institute of Islamic Thought.u
Al-Ghazali. (2004). Ihya’ Ulumuddin. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Qurtubi. (2003). Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi.
Yudkowsky, E. (2008). Artificial Intelligence as a Positive and Negative Factor in Global Risk. Global Catastrophic Risks, Oxford University Press.
Bostrom, N. (2014). Superintelligence: Paths, Dangers, Strategies. Oxford University Press.